membuat startUp bootable via flashdisk usb

cara bootable usb flashdisk hiren

Mon, 18 Nov 2019 2:34am (5-tahun lalu)

2005 membuat sistem startUp komputer dipergunakan flopy 3 1/5 A atau disket. StartUp atau bootable bootingan merupakan perangkat media komputer pertama kali membaca sistem hardware media penyimpanan yang terdapat PC seperti floopy, hardisk, CDrom atau flashdisk, perkembangannya saat ini bootable startUp dapat dipergunakan melalui media usb flashdisk.

 

 

Hiren bootable iso bootable CD

2006 Hiren, all in one repair PC berfungsi memperbaiki komputer dengan cepat, berbagai kebutuhan services tersedia, puluhan softwares guna memperbaiki kerusakan komputer.

 

kesan Pribadi Hiren

Di wilayah Muko-muko Propinsi Bengkulu Kami mendapat tugas pekerjaan kegiatan -pengadaan komputer para guru-. mengadakan sebanyak 100komputer.
Membeli mengambil secara grosir dari mangga dua Jakarta dari hardisk, Ram, procceccor, motherboard, casing hingga mouse keyboard kesemuanya terpisah. hanya dua rekan Kami memperbaiki rakit komputer sebanyak itu dalam jangka waktu kurang dari seminggu, semuanya usai cepat berkat Hiren.
Saat itu Hiren berasal dari rekan Saya berbentuk kepingan CD kecil, dari hiren inilah perkembangan bootable melalui CD terbentuk yang dapat dibuat ke flashdisk USB bootable.

 

 

 

Membuat bootable flashdisk dengan rufus

membuat startUp bootable via flashdisk usb cukup mudah, Anda hanya memerlukan software aplikasi memburning file Anda ke flashdisk, aplikasi populer rufus. Dengan Rufus selain dapat memburning sekaligus membuat bootable pendisk atau flashdisk berbagai file iso seperti linux, windows atau hiren. Berikut tahap membuat bootable flashdisk melalui rufus:

1. Tancapkan flashdisk USB.

2. Run as Administrator file rufus.exe , Device akan mendeteksi secara otomatis perangkat flashdisk yang Anda tancapkan pada USB.

3. Click SELECT dan cari pada komputer iso file mana yang akan diburning dan sekaligus dibuat bootable.

4. Pada pilihan Partition scheme menu drop down pilih MBR (Master Boot Record).

5. Pada Target system pilih saja BIOS or UEFI, kebanyakan semua perangkat komputer mendukung.

6. click START, tunggu proccess hingga usai.

Aplikasi Rufus terupdate secara berkala, menyesuaikan suport berbagai terutama OS unggulan, Windows, Linux Mint, Ubuntu lainnya. url rufus.oi

 

 

 

Membuat bootable flashdisk devault Grub Dos-cara bootable usb flashdisk hiren

Mengalami kegagalan, tidak suport atau kerusakan membuat bootable dengan aplikasi Rufus, coba dengan cara devaultnya membuat startUp botingan bootable dengan GrubDos. Sebelumnya periksa terlebih dahulu file iso Anda tidak mengalami kerusakan dalan keadaan baik-baik saja cara termudah memeriksanya yaitu dengan checksum (md5, sha) sesuai dengan lihat darimana Anda mendapat file iso tersebut.

 

 

[A] Berikut langkah membuat bootable usb GrubDos :

Tiga tahapan  +mengformat flashdisk, +membuat MBR (Master Boot Record) pada flashdisk dan +mengcopykan file.
jika file program dalam berbentuk extensi file iso sebaiknya burning terlebih dahulu melalui CD, virtual burning, unzip, imDisk atau dapat menggunakan rufus langkah diatas, dengan cara memburning terlebih dahulu file iso ke flashdisk dan setelahnya copykan file tersebut dari flashdisk ke hardisk perangkat komputer.

1. Tancapkan media flashdisk yang akan dipergunakan sebagai bootable pada USB komputer

2. Format flashdisk dengan menggunakan file usb format file usb_format.exe

3. Pilih Device. adalah media usb Anda, File system -> FAT 32 saja, click START dan tunggu proses pengformatan hingga usai.

4. Setelah usai mengformat USB flashdisk langkah berikutnya membuat MBR (Master Boot Record) pada flaskdisk dengan cara. Jalankan aplikasi grubinst_gui.exe run as Administrator, jika file grubinst_gui.exe tidak dapat diinstal misalnya muncul pesan -cannot run background program- gunakan grubDos system linux.

5. Disk -> cari media usb yang akan dipergunakan sebagai bootable, Part List pilih MBR (Master Boot Record) dan click Install -proccessing MBR melalui aplikasi GrubDos pada flshdisk sedang berlangsung, tunggu hingga usai tampilan dos.

6. Copy file grld dan menu.lst pada grubDos dan pastekan pada flashdisk yang akan dipergunakan sebagai bootable setelah instalasi grubDos point-5 diatas. menu.lst dapat disesuaikan isinya.

7. Instalasi bootable startUp grubdos usai, copy pastekan semua file program (OS iso) yang akan dipergunakan, misalnya file hiren, windows, linux atau program lainnya.

 

Coba berikut sebelum mencoba Point [A] atas, tanpa mengformat Flashdisk dan tanpa menghapus file yang terdapat pada flashdisk:
1. Install GrubDos grubinst_gui.exe MBR Flasdisk.
2. Copy grld dan menu.lst kePendisk/ Flashdisk.

 

 

 

Media downloads:

-HIREN All In One repair PC
-GrubDos boot usb flashdisk

 

Mungkin dibutuhkan:

-Hiren bootable USB

-Windows 7, 10, 11, Linux Ubuntu-mate